Minggu, 25 April 2010

SIM bab 1-7 pra-UTS part-1


1. Jelaskan dan berikan contoh dalam sistem rumah sakit, beberapa istilah di bawah ini:
a. Sistem, sub-sistem, dan super-sistem
i. Penjelasan:
1. sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
2. sub-sistem adalah suatu sistem yang menjadi bagian dari sistem yang di atasnya
3. super-sistem adalah gabungan dari sistem-sistem yang menjadi suatu sistem yang lebih besar
ii. Contoh:
1. sistem pengelolaan suatu rumah sakit yang terintegrasi
2. sistem pengelolaan pasien rawat-inap yang merupakan bagian dari sistem rumah sakit
3. sistem kesehatan nasional yang mengatur pola hubungan antara berbagai tingkatan rumah sakit
b. Keterkaitan data, informasi, dan keputusan
i. Penjelasan:
1. data adalah sekumpulan fakta, gambar, dan persepsi lingkungan terhadap sistem
2. informasi adalah data yang sudah terpilih dan tersaring berdasarkan standar tertentu, sehingga memiliki nilai yang penting dan menentukan
3. keputusan adalah suatu kesimpulan atas informasi yang dimiliki, yang akan menentukan arah dan rencana kegiatan suatu organisasi / sistem
ii. Contoh:
1. fakta yang terkumpul dari kunjungan pasien rawat-jalan selama bulan maret 2010
2. data tersebut di atas lalu disaring dan dikelompokkan lalu diurutkan berdasarkan jumlah kejadiannya
3. kesimpulan dari informasi di atas, sehingga rumah sakit bisa melakukan antisipasi atas kemungkinan adanya penyakit menular dan penyediaan pengobatannya
c. Input, transformasi, output, dan feedback
i. Penjelasan:
1. input adalah sumberdaya dari lingkungan yang masuk ke dalam suatu sistem
2. transformasi adalah proses di dalam sistem untuk merubah input menjadi sesuatu yang sesuai atau mendekati tujuan sistem tersebut
3. output adalah sumberdaya yang dikembalikan ke lingkungan setelah mengalami proses transformasi dalam sistem
4. feedback adalah persepsi dan penilaian lingkungan atas kualitas output dan peningkatan kualitas dari input ke output
ii. Contoh:
1. pasien rawat-inap yang menderita berbagai penyakit
2. proses perawatan dan pengobatan atas pasien tersebut
3. pasien yang sehat kembali dan siap berbuat di lingkungan seperti semula
4. penilaian lingkungan atas efektifitas dan efisiensi pengobatan di rumah sakit tersebut
d. Lima sumber daya organisasi
i. Penjelasan:
1. Information, yaitu sekumpulan data yang sudah tersaring dan terolah sehingga bernilai dan penting
2. Man, yaitu manusia atau sumberdaya manusia
3. Machine, yaitu peralatan dan fasilitas
4. Material, yaitu berbagai kebutuhan yang bisa habis dipakai
5. Money, yaitu kemampuan finansial untuk menyelenggarakan sistem
ii. Contoh:
1. informasi jumlah & penyakit pasien, jumlah & kelas ruangan, serta jumlah & spesialisasi dokter
2. orang yang terlibat dalam proses pengobatan, seperti perawat, asisten dokter, administrasi kesehatan
3. ruang perawatan, ruang pengkondisian, ruang operasi, ruang pemulihan, peralatan operasi, dll
4. obat-obatan, bahan pembersih & sanitasi, dan berbagai kebutuhan RS yang bisa habis dipakai
5. cadangan uang untuk membangun RS dan membiayai berbagai kebutuhan sebelum uang dari pasien atau asuransi diterima RS

2. Jelaskan dan berikan contoh dalam sistem jaringan toko ritel, beberapa istilah di bawah ini:
a. Lima fungsi manajemen
i. Penjelasan:
1. Planning, yaitu perencanaan kegiatan dan berbagai persiapan untuk perencanaan
2. Organizing, yaitu menyusun struktur organisasi yang sesuai kebutuhan
3. Staffing, yaitu penempatan orang-orang pada organisasi yang sudah disusun
4. Directing, yaitu mengarahkan SDM untuk menyelesaikan tugasnya untuk mencapai tujuan
5. Controlling, yaitu proses penilaian dan pengendalian untuk menghindari potensi kegagalan
ii. Contoh:
1. mengumpulkan data penjualan bulan lalu untuk merencanakan program promosi bulan ini
2. menyusun struktur organisasi toko, sektor, kota, regional, dan pusat,
3. mengisi setiap lowongan struktur organisasi dengan orang yang kompeten pada bidangnya
4. mengarahkan semua orang yang terlibat untuk mengurangi biaya dan meningkatkan penjuaalan
5. memasang target pencapaian dan mengendalikan kegiatan agar meraih target yang ditetapkan
b. Lima tahap siklus hidup sistem
i. Penjelasan:
1. perencanaan, yaitu membantu mendefinisikan masalah
2. analisis, yaitu melaksanakan penelitian tentang sistem yang dibutuhkan
3. perancangan, yaitu menyusun daftar elemen serta keterkaitan antar elemen dalam sistem yang terintegrasi
4. penerapan, yaitu merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan
5. penggunaan, yaitu menciptakan database dan menjaga kemutakhiran data dan sistem
ii. Contoh:
1. mendefinisikan masalah yang terjadi dengan pembangunan jaringan toko ritel
2. melaksanakan penelitian tentang sistem yang standar dan efisien untuk jaringan toko ritel
3. menyusun daftar elemen serta keterkaitan antar elemen dalam sistem yang terintegrasi
4. merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang standar dan efisien untuk jaringan toko ritel
5. menggunakan sistem di setiap toko untuk menciptakan database dan menjaga kemutakhiran sistem

3. Jelaskan dan berikan contoh dalam CBIS sebuah pabrik motor, beberapa istilah di bawah ini:
a. Lima komponen fisik sisteminformasi
i. Penjelasan:
1. perangkat keras, yaitu sekumpulan peralatan fisik yang akan mengerjakan fungsi sistem
2. perangkat lunak, yaitu sekumpulan instruksi untuk perangkat keras dalam mengerjakan fungsi sistem
3. data, yaitu sekumpulan fakta dan gambar yang harus diolah untuk menghasilkan informasi
4. prosedur, yaitu urutan beberapa tugas / tindakan untuk melaksanakan suatu kegiatan
5. sumberdaya manusia, yaitu orang yang membangun, mengelola, dan memanfaatkan sistem
ii. Contoh:
1. alat input, pemroses data, alat output, alat penyimpan data, alat komunikasi
2. perangkat lunak sistem, perangkat lunak utility dan perangkat lunak aplikasi
3. sekumpulan fakta produksi dan gambar produk / komponen yang diolah untuk jadi informasi
4. tata laksana kerja, prosedur pengolahan data, pedoman pemakaian peralatan, pengamanan data
5. analis sistem, pemrogram, perekayasa, pengelola jaringan, operator komputer
b. Empat kriteria pengelolaan data
i. Penjelasan:
1. keterpaduan data, yaitu keterkaitan data yang selaras diantara berbagai kumpulan data
2. struktur data, yaitu susunan dan hirarki data yang jelas dan konsisten
3. keandalan data, yaitu akurasi dan relevansi data yang bisa dibuktikan secara independen
4. keamanan data, yaitu kepastian sumber dan pengguna data sesuai standar organisasi
ii. Contoh:
1. penyusunan database dengan metoda relasional
2. penyusunan hirarki data dalam beberapa lapisan server yang konsisten
3. penyaringan data dengan standar yang ketat untuk menjaga akurasi dan relevansi data
4. sistem enkripsi dan VPN untuk menjaga kepastian sumber dan pengguna data
c. Empat level sistem informasi
i. Penjelasan:
1. level operasional, yaitu SI yang langsung berkaitan dengan transaksi dan akuisisi data
2. level pengetahuan, yaitu SI yang mendukung kegiatan level operasional dan manajemen
3. level manajemen, yaitu SI yang membantu manajemen untuk mengambil keputusan teknis
4. level strategis, yaitu SI yang membantu pimpinan perusahaan mengambil keputusan strategis
ii. Contoh:
1. sistem pemroses transaksi (TPS), sistem pengendali proses (PCS), sistem kolaborasi perusahaan (ECS)
2. sistem manajemen pengetahuan (KBIS), dan sistem pakar (ES)
3. sistem informsi manajemen (MIS), dan sistem pendukung keputusan (DSS)
4. sistem informasi eksekutif (EIS), dan sistem informasi strategis (SIS)

4. Jelaskan dan berikan contoh dalam analisa daya saing sebuah pabrik motor, beberapa istilah di bawah ini:
a. Margin, aktivitas nilai utama, dan aktivitas nilai pendukung
i. Penjelasan:
1. Margin adalah nilai produk dan jasa perusahaan dikurangi biaya-biayanya
2. aktivitas nilai utama adalah kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan peningkatan nilai produksi / purna-jual yang lebih baik daripada pesaing
3. aktivitas nilai pendukung adalah kegiatan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas nilai utama berlangsung
ii. Contoh:
1. bila harga jual adalah 100 dan total biaya terkait adalah 60, maka margin adalah 40
2. logistik masuk/keluar, operasi produksi, penjualan/pemasaran, pelayanan purna jual
3. personalia, keuangan, fasilitas, riset dasar dan teknologi, pembelian